Tuesday, December 18, 2012

cyanide (sianida) -- CN

well, sebagai mahasiswa pendidikan kimia yang agak kurang beres, she suka banget sama yang namanya sianida. gak ngerti juga sii kenapa, maksudnya selain gegara nama belakang she biasanya disingkat sebagai CN--yang merupakan sama dengan formula sianida.
tapi sianida itu yang kaya apa sii?
biasanya sii dia dikenal sebagai racun. tapi ada fact nya dia yang lain juga lohh.
kemaren temen she nemu artikel tentang sianida. artikelnya bahasa Inggris, nemu di yesiknowthat.com. ini deh coba she cerita pake gaya bahasa she yang biasanya, (padahal udah lama banget gak nulis)

facts nya sianida:
first,
sianida itu termasuk senyawa yang paling sering ditemui. (most common gitu katanya)

second,
sianida bisa ditemui dalam wujud padat, sebagai cairan, atopun gas yang gak keliatan, gak berwarna (dan kadang gak berbau juga). jadi mungkin selama ini kita menghirup sianida juga??

third,
sianida dapat diproduksi oleh bakteri, ganggang dan jamur tertentu; dan dapat ditemukan dalam berbagai tanaman meski dalam jumlah yang sedikit. well...

fourth,
sianida terkandung dalam 110 famili tanaman yang berbeda. (masih inget famili, kan? jaman biologi smp dulu...)

fifth,
sianida juga terdapat dalam asap rokok maupun asap hasil pembakaran plastik. er..., tapi she tetep gak suka asap rokok. serius. (meski gak bisa benci perokoknya)

sixth,
biasanya, cat ato perekat juga ada sianidanya. meski jumlah nya beda beda juga sii...

seventh,
sianida dipakai dalam berbagai industri, termasuk di dalamnya: farmasi, kertas, tambang emas, tekstil, pewarna. er..., farmasi??

eighth,
sianida: pestisida di kapal ataupun bangunan. (minum sianida dan tubuh anda akan aman dari hama... xp)

ninth,
salah satu senyawanya--ferosianida--juga dipakai dalam industri makanan. silakan dicari makanan apa yang ada beginiannya.

tenth,
sering juga dipakai dalam kepentingan medis/klinis. misalnya dalam keadaan gawat untuk menurunkan tekanan darah secara drastis.

eleventh,
sianida ini (secara ilegal) juga dipakai untuk menangkap ikan, baik buat pasar ikan maupun buat disimpan di akuarium. kabarnya sii ini gak bikin ikannya mati.

twelfth,
sianida mencegah sel tubuh untuk mendapatkan oksigen. ini yang bikin sel tersebut kemudian melemah dan... mati.

thirteenth,
gas sianida adalah bentuk paling beracun dari segala bentuk sianida.

fourteenth,
sianida paling berbahaya buat jantung (heart) dan otak daripada organ tubuh yang lain. well, dia tau mana yang paling fatal kalo diserang.

fifteenth,
gas sianida tadi, paling berbahaya kalo dihirup di ruang tertutup. soalnya kalo di ruang terbuka, dia sangat mudah untuk larut dalam udara. menguap. hilang.

sixteenth,
orang dapat terkena sianida dari: menghirup udara, makan, minum, ataupun menyentuh tanah yang mengandung sianida. wow, that easy?

seventeenth,
sianida dapat masuk ke dalam udara, air, ato tanah sebagai proses alami maupun hasil dari proses industri.

eighteenth,
dalam sejarah, banyak banget yang make sianida buat: ngeracun orang, dan bahkan bunuh diri. (stupid, ain't it?)

hikmahnya? gak semua senyawa sianida itu 'dangerous'. tapi, sekalinya dia di'dangerous'kan dengan sengaja, well, it could be dangerous. sama kaya kita. mungkin keliatannya kita biasa aja, keliatan di mana pun dan keliatan biasa. tapi sekalinya kita mau jadi 'dangerous' ya kita pasti bisa. kita muda dan berbahaya. gak harus in a bad way juga kok. ^^
i still love my CN last name.

well, ini post pertama dari label yang ini. she akan mencoba untuk lebih berdedikasi dan meneruskan nasib label ini supaya tidak terbengkalai seperti label yang lain.
liat aja gaya nulisnya: udah balik jadi kaku banget kaya pertama nulis dulu. dan terus terang itu nyebelin.
semoga post ini bisa menandai comeback nya she. amiin.

=^.^=

No comments:

Post a Comment

reader yg baik selalu komen apa yg uda di read...